Kamis, 18 Februari 2016

CAPPING DAY 2016




UCAP JANJI DAN PEMASANGAN KAP MAHASISWA STIKES CITRA DELIMA BANGKA BELITUNG ANGKATAN KE VII

Capping day merupakan suatu proses dimana mahasiswa keperawatan dan kebidanan STIKES Citra Delima Bangka Belitung diwajibkan untuk mengadakan pemasangan kap dan sekaligus disumpah agar dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan etika profesi keperawatan dan kebidanan.
Capping Day merupakan langkah awal bagi para calon perawat untuk dapat bekerja melayani pasien penuh dengan cinta kasih seperti yang diajarkan oleh Tokoh Perawat "Florence Nigthingale". Florence Nigthingale adalah seorang wanita pelopor ilmu keperawatan yang lahir pada tanggal 12 Mei 1820 di Florence, Italia. Selama perang crimea, Nightingale menjadi tenaga suka relawan di Scutari, Turki. Pekerjaan Nightingale membuatnya dikenal sebagai "Lady of the Lamp" oleh kaum laki-laki.  Sebutan ini diberikan karena ia selalu membawa lentera lilin buatan turki setiap kali melewati koridor-koridor yang dipenuhi oleh prajurit yang terluka.
Pengabdian seorang Florence Nightingale merupakan contoh yang patut kita teladani dan jasa-jasanya dikenang.

 

Pada tanggal 13 Februari 2016 sebanyak 35 orang mahasiswa yang terdiri 27 orang mahasiswa S1 Keperawatan dan 8 orang mahasiswa D-3 Kebidanan STIKES Citra Delima Bangka Belitung yang telah menyelesaikan semester 1, mengikuti Prosesi upacara Ucap Janji dan pemasangan kap di Gedung Diklat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.





Wakil Ketua I STIKES Citra Delima Bangka Belitung, Bapak H. Syarifuddin, SKM  mengatakan bahwa pelaksanaan pemasangan kap dan ucap janji bagi mahasiswa D3 Kebidanan dan S1 Keperawatan merupakan rangkaian proses intra kurikuler yang dilaksanakan ketika mahasiswa akan melakukan praktek klinik ke Rumah Sakit, Puskesmas maupun ke kelinik-klinik lainnya. Pemasangan Kap adalah simbol dimana para mahasiswa telah siap untuk mengabdikan diri pada dunia kesehatan dan resmi menjadi bagian dari calon anggota kesehatan. 




Pada Sambutannya, Wakil Ketua I STIKES Citra Delima Bangka Belitung, Bapak H. Syarifuddin, SKM  mengucapkan terima kasih kepada pihak Rumah Sakit Pemerintah/ Swasta, Puskesmas, BPM yang telah menjadi bagian dari lahan praktek bagi mahasiswa dan mengharapkan kesediaan bapak/ibu untuk membimbing mahasiswa sehingga praktek yang dilaksanakan dapat bermanfaat dan berguna sebagai bekal nantinya, bila pada saatnya nanti mereka terjun ke masyarakat. Selain itu, Bapak Syarifuddin, SKM juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada orang tua/ wali mahasiswa yang telah mempercayai putra putrinya untuk menuntut ilmu di STIKES Citra Delima Bangka Belitung yang sudah terakreditasi oleh BAN-PT.





Ketua Yayasan Citra Delima Bangka Belitung,  Bapak H. Purnomo Herru Pudjiarto, DSM, S. Sos dalam sambutannya menjelaskan bahwa capping day ini tidak sekedar untuk acara rutin tahunan, tetapi mengharapkan para mahasiswa menghayati maksud dan tujuan dari acara pemasangan kap dan ucap janji ini adalah untuk kegiatan belajar dikampus, praktik di Rumah Sakit dan tempat lainnya dalam melaksanakan tugas sebagai bidan dan perawat harus penuh tanggung jawab dan dengan hati yang tulus, tekun dan bekerja dengan penuh pengabdian.



Ketua Yayasan Citra Delima Bangka Belitung,  Bapak H. Purnomo Herru Pudjiarto, DSM, S. Sos juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua STIKES, Wakil Ketua I, Wakil Ketua II dan para dosen serta staff yang telah berpartisipasi aktif  dalam keberlangsungan pendidikan di STIKES Citra Delima Bangka Belitung.







Pada acara ini diberikan penghargaan kepada mahasiswa dengan nilai terbaik yaitu untuk S1 Keperawatan (terbaik 1 Imroatul Mu'minah IPK 4,00; terbaik 2 Herlina Yuniarti IPK 3,82 ; terbaik 3 Bella Salviana IPK 3,82) dan untuk D3 Kebidanan (terbaik 1 Lizani Visla IPK 4,00; terbaik 2 RAhmawati IPK 3,72; terbaik 3 Sellya Febriani IPK 3,52)












Tidak ada komentar:

Posting Komentar