Senin, 16 Mei 2016

PRAKTEK KEPERAWATAN KOMUNITAS DAN KEPERAWATAN KELUARGA

PRAKTIK 
KEPERAWATAN KOMUNITAS DAN KELUARGA

Mata ajar Praktik Keperawataan Komunitas dan keperawatan keluarga termasuk cabang ilmu keperawatan komunitas dan keluarga dengan sifat mata ajar adalah kuliah keahlian. Praktik keperawatan komunitas merupakan salah satu rangkaian kegiatan pelaksanaan praktik yang harus ditempuh oleh mahasiswa S1 Keperawatan.
Fokus praktik keperawatan komunitas adalah memberikan pelayanan dan asuhan keperawatan komunitas dalam pencegahan primer, sekunder dan tertier terhadap komunitas dengan masalah kesehatan yang bersifat actual, resiko dan potensial.
Penerapan pengetahuan tentang konsep keperawatan komunitas dalam menyelesaikan masalah-masalah keperawatan yang muncul sebagai akibat tidak terpenuhinya kebutuhan dasar komunitas yang dapat diatasi dengan intervensi keperawatan komunitas. 

Keperawatan komunitas sebagai suatu bidang keperawatan yang merupakan perpaduan antara keperawatan dan kesehatan masyarakat (public health) dengan dukungan peran serta masyarakat secara aktif serta mengutamakan pelayanan promotif dan preventif secara berkesinambungan tanpa mengabaikan perawatan kuratif dan rehabilitatif secara menyeluruh dan terpadu yang ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok serta masyarakat sebagai kesatuan utuh melalui proses keperawatan (nursing process) untuk meningkatkan fungsi kehidupan manusia secara optimal, sehingga mampu mandiri dalam upaya kesehatan (Mubarak, 2006).
Praktek keperawatan komunitas dan keperawatan keluarga yang dilaksanakan oleh mahasiswa semester 7 Program Studi S1 keperawatan dilakukan di desa mapur kabupaten bangka. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa antara lain senam bersama dan penyuluhan menyikat gigi yang baik dan benar untuk anak SD, pelayanan KB Gratis, pemutaran film tentang keluarga dan pemeriksaan darah gratis, pengobatan gratis dan penyuluhan kesehatan. Kegiatan-kegiatan itu juga bekerja sama dengan BKKBN Kabupaten bangka dan Pemprov Kep. Babel.

ikut serta dalam kegiatan posyandu


 
Pertemuan dengan Kepala Sekolah SDN 10 Mapur  


pertemuan dengan pihak BKKBN Kab Bangka

 
pertemuan dengan pihak sekolah SDN 10 MApur



kegiatan penyuluhan kesehatan terhadap anak SDN 10 Mapur

senam sehat di SDN 10 Mapur




pemutaran film tentang keluarga


pemeriksaan kesehatan gratis di Desa Mapur






 
pemeriksaan kesehatan gratis





Tidak ada komentar:

Posting Komentar